Wednesday, July 2, 2014

PATLABOR - MPL-97S Python

MPL-97S Python, produksi Manabe Heavy Industries yang dirilis pada bulan November 1997, memiliki tinggi 7.80 meter dengan berat 7.25 ton bila tanpa perlengkapan. Dengan senjata lengkap seperti baton stun stick & tameng besar berat totalnya mencapai 7.85 ton.


MPL sendiri singkatan dari Main Police Labor, sesuai peruntukannya sebagai Labor Polisi Tokyo dari Divisi 1 sebelum akhirnya menjadi tim backup dan dialihtugaskan ke AV98 Ingram dari Divisi 2 yang teknologinya lebih maju. Meskipun tidak sehebat Ingram, tapi labor ini cukup efektif untuk mengamankan labor-labor konstruksi yang sering disalahgunakan.

Sejauh ini Bandai sudah mengeluarkan dua model figur yang dijual di pasaran. Pada foto yang paling kiri adalah model Cloth Gear System (pada foto adalah versi bootleg) yang rangkanya berupa diecast & dilengkapi dengan baton & tameng (sudah hilang), memiliki banyak titik artikulasi namun pergerakannya terbatas; yang disebelahnya adalah model vinyl kit dengan bberapa titik artikulasi namun bisa dibilang tidak terlalu berpengaruh.
Bila dibandingkan dengan model kit Ingram skala 1/60 di sebelahnya, sepertinya Python vinyl ini memiliki skala yang hampir sama, sedangkan Cloth Gear System dengan skala yang lebih kecil.

-po

No comments: