Wednesday, July 2, 2014

PATLABOR - AV98 INGRAM 1st skala 1/48 dari WAVE Corporation

Wave Corporation telah memproduksi 3 model action figure dari franchise Patlabor; yaitu AV98 Ingram 1st dengan versi standar, AV98 Ingram 1st dengan versi The Movie 3, dan ARL-99 Helldiver.
Berikut ini adalah Ingram dengan versi standar.


Wave Corp. dikenal sebagai perusahaan pembuat action figure berukuran sekitar 6 sampai 7 inci dengan tingkat detail yang tinggi, bisa dibilang termasuk kualitas hi-end di kelasnya. Tidak terkecuali pada figure Ingram ini, terasa mantap saat memegangnya. Rangka diecastnya membuat terasa agak berat namun juga membuatnya menjadi lebih kokoh ketika diberdirikan.

Figure ini juga dilengkapi dengan kokpit yang bisa dibuka lengkap dengan pilot Noa Izumi yang dipasang permanen. Kursi pilotnya bisa digerakkan naik turun melalui tombol yang dioperasikan dari belakang. Holster/revolver storage bisa diakses buka tutup dengan mekanisme hidrolik dan juga tangan kanan yang bisa diperpanjang. Dalam hal aksesoris pun tidak mau kalah; tersedia pilihan visor dalam battle mode, beberapa pose tangan, baton stun stick, revolver & riot cannon.

Yang sangat disayangkan dari figure ini diantaranya adalah proporsi yang kurang pas pada bagian dada ke bawah. Bila diperhatikan dengan seksama figur ini nampak seperti wanita semok bohai dengan kaki jenjang; bagian perutnya terlalu pendek & bagian kakinya terlalu panjang. Kekurangan yang kedua adalah meski memiliki banyak titik artikulasi namun pergerakannya menjadi terbatas akibat pilihan bahan yang digunakan sebagai cloth penutup sendi pada lengan & kaki. Bahannya adalah mirip dengan bahan karet yang digunakan oleh Bandai pada model kit Ingram skala 1/60, meski tipis tapi kurang lentur sehingga membatasi pergerakan.

Namun secara keseluruhan, figure Ingram ini menjadi salah satu koleksi yang tidak bisa dilewatkan oleh para fans Patlabor, terutamanya lagi karena figure ini sudah out of print sejak lama & jarang sekali ditemui di pasaran.

-po

No comments: