Wednesday, February 5, 2014

Bagaimana Semua Ini Bermula

Sejak kecil saya sangat menyukai mainan terutama robot-robotan dan karakter superhero. Sebagai anak kecil yang tumbuh di zaman tahun 80-an dan 90-an, saya banyak disuguhi film-film kartun seperti Patlabor, Macross (Robotech), Transformers, Dragon Ball dan lain-lain. Begitu juga dengan komik-komik & film-film superhero baik itu DC maupun Marvel ataupun manga-manga dari negeri Sakura. Dari semua anime yang ada, Patlabor dan Dragon Ball adalah dua anime yang paling saya suka.

Tentunya selain sudah menikmati film-film tersebut saya juga ingin memiliki koleksi franchise-nya yang kebanyakan adalah berupa mainan. Namun dikarenakan beberapa kendala dan keterbatasan semasa kecil, saya belum dapat mengkoleksi mainan-mainan tersebut meskipun orang tua saya juga tetap membelikan mainan yang lain. Barulah ketika menginjak masa SMP saya mulai bisa belajar menabung untuk membeli sendiri mainan yang saya sukai.

Saya masih ingat mainan Patlabor pertama yang saya beli adalah versi bootleg (bukan orisinil) dari Cloth Gear System MPL97S Python seharga Rp.8000,-. Pada masa itu harga tersebut sudah termasuk mahal untuk sebuah mainan dan saat itu di Cirebon (tempat saya tinggal saat kecil) adalah kota yang sangat terbatas dalam hal fasilitas hiburannya terutama toko-toko mainan semacam ini sehingga ketika saya hanya berhasil menemukan mainan versi bootleg pun tidak akan saya sia-siakan. Sampai saat ini mainan tersebut masih saya simpan meski kondisinya sudah tidak sebagus dulu.

MPL97S Python (mecha biru-putih)

Hingga saat ini saya sudah berhasil mengkoleksi banyak varian mainan figure mecha dari seri Patlabor, mulai dari skala kecil hingga skala yang besar. Kebanyakan dari mainan ini saya peroleh setelah saya bekerja di Bandung hingga pindah ke Brunei seperti sekarang ini.

Beberapa koleksi figure mecha Ingram dari seri Patlabor.

Selain Patlabor, saya juga banyak mengkoleksi mainan figure-figure yang lain yang berasal dari bermacam-macam kartun, anime maupun film, dari yang jadul hingga yang terbaru, dari minifigure yang kecil nan sederhana hingga mainan action figure berkualitas hi-end produksi dari Hot Toys. Semuanya akan saya tampilkan dalam ulasan yang dilengkapi dengan foto-foto yang menarik.

Banyak dari pihak keluarga, teman-teman dan rekan kerja yang bertanya pada saya kenapa di usia yang bisa dibilang sudah lewat masanya masih juga mengkoleksi mainan. Jawaban saya selalu sama; selain karena saya memang sangat menyukai mainan, juga karena dengan profesi yang saya jalani saat ini saya bisa terus mempertahankan kreatifitas dengan berimajinasi melalui koleksi mainan yang saya miliki.

Kini dengan semakin banyaknya koleksi pribadi yang dimiliki, saya rasa sudah saatnya untuk berbagi kesenangan dengan sesama kolektor mainan lainnya melalui ulasan-ulasan artikel di blog ini.


-po

No comments: